Sabtu, 20 November 2010

kode etik unilever

Kode Etik Prinsip Usaha

Tujuan Perusahaan kami menyatakan bahwa untuk mencapai kesuksesan memerlukan: “standar tertinggi mengenai perilaku perusahaan terhadap setiap karyawan, masyarakat yang kami layani dan lingkungan yang memperoleh dampak dari kami”. Kode Etik Prinsip Usahakami membentuk struktur berstandar dimana kami bekerja. Kode ini  didukung oleh standar tambahan operasional dunia pada isu seperti keamanan karyawan dan produk.
Kami mengevaluasi peraturan ini secara teratur untuk memastikan pemenuhan kebutuhan dari lingkungan usaha dewasa ini. Revisi kode etik terakhir kami dilakukan pada tahun 2001 dan peraturan terbaru telah disebarkan di seluruh bagian usaha kami pada tahun 2002. Kode ini berupa dokumen pendek, tertulis dengan jelas, bahasa  yang sederhana, dan menyatakan prinsip-prinsip secara keseluruhan. Didesain agar mudah dibaca dan dipahami oleh semua karyawan kami. Hal ini dikarenakan kami percaya bahwa aturan seperti ini haruslah memiliki nilai praktis dalam bisnis sehari-hari kami. Kami mengharapkan setiap karyawan Unilever mengikuti semangat maupun aturan yang tertulis dari prinsip itu.

Memonitor kode etik kami

Sebuah kode etik tidak berguna kecuali menjadi bagian dari pemenuhan proses aktif, pengawasan dan pelaporan. Dewan Unilever bertanggung jawab terhadap proses ini, di mana tanggung jawab sehari-hari ada pada senior manajemen di seluruh penjuru dunia. Kode etik ini diterjemahkan ke dalam 50 bahasa dan dikomunikasikan kepada semua karyawan. Kami telah memperbaharui penjelasan dokumen manajemen internal untuk melengkapi kode ini terkait dengan pendekatan kami pada hak-hak asasi manusia.
Sebagai bagian dari proses jaminan positif yang mendunia, setiap tahun pimpinan perusahaan kami memberikan kebijakan tertulis mengenai bisnis ini dalam hubungannya dengan kode itu. Dewan Unilever mengevaluasi tanggapan-tanggapan tersebut. Internal Audit bertugas memastikan bahwa proses telah bekerja dengan memuaskan.
Tiap pelanggaran Kode harus dilaporkan sesuai dengan prosedur yang dibuat oleh Sekretaris Grup Unilever. Anggota dewan kami tidak akan mengkritik manajemen untuk segala kerugian yang dihasilkan dari pelaksanaan dari kode kami.
Kami berharap dan mendukung para karyawan untuk lebih memperhatikan pelanggaran terhadap kode ini dan tidak ada karyawan yang akan menderita sebagai akibat dari melaporkan adanya pelanggaran. Sejak tahun 2004, semua karyawan di seluruh dunia memiliki akses telepon hotline 24 jam bebas pulsa.  Hotline tersebut memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengangkat isu tertentu dengan penuh percaya diri, dan secara rahasia, jika itu yang mereka inginkan.


sumber:http://www.unilever.co.id/id/sustainability/strategy/values/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar